Minggu, 05 Februari 2017

POTENSI WISATA DANAU TELOKO KAYUAGUNG

Bupati OKI, H. Iskandar, SE mengunjungi Danau Teloko di Desa Teloko Kecamatan Kota Kayuagung, Sabtu, (4/2). Orang nomor satu di Bumi Bende Seguguk ini terpesona melihat keindahan alam di Danau ini. Iskandar mengatakan Danau Teloko berpotensi dikembangkan menjadi Desa Wisata untuk meningkatan pendapatan masyarakat setempat.

“Desa wisata itu konsep pengembangannya adalah kepariwisataan berbasis masyarakat. Wisata alam, wisata agro, seni dan budaya. Teloko ini kita lihat memiliki potensi tinggi dibidang wisata air. Viewnya bagus ditambah potensi perikanan yang ada” pungkas Iskandar.

Pengembangan desa wisata menurut Iskandar bisa terealisasi karena Sektor pariwisata saat ini tengah dikembangkan menjadi salah satu ‘tulang punggung’ perekonomian Indonesia.

“Potensinya cukup besar, Kita akan ajak pihak swasta agar ikut berperan aktif melakukan pendampingan kepada kelompok masyarakat di desa wisata untuk dapat lebih mengembangkan potensinya” Ungkap Iskandar.

Bupati berharap kedepan lokasi ini akan dikelola dengan baik. Mulai dari penyediaan sarana dan prasarana, rumah makan, home stay, lokasi parkir, dan lainnya.

Kabupaten OKI sendiri memiliki banyak potensi dibidang wisata air. Selain Pantai Maspari dan Tanjung Menjangan serta kawasan Kota lama di pinggiran Sungai Komering, satu lagi potensi wisata di wilayah ini, yaitu Danau Teloko atau yang dikenal dengan warga setempat dengan Lebak Teloko.

Danau Teloko terletak di Desa Teloko, Kecamatan Kota Kayuagung. Menuju ke Danau ini pun tidak jauh. Kurang dari setengah jam dari pusat Kota Kayuagung. Menuju ke lokasi danau, pengunjung harus naik sampan bermuatan 3 sampai dengan 5 orang. Bersampan mengarungi lebak tentu akan menjadi pengalaman unik. Kurang lebih 15 menit, pengunjung akan sampai ke Danau teloko. Danau Teloko sendiri memiliki hamparan kurang lebih seluas 500 ha. Uniknya, ditengah-tengah danau terdapat pulau terapung yang ditumbuhi pepohonan perdu.

Camat Kota Kayuagung, Dedy Kurniawan, S. STP menjelaskan potensi danau ini sudah lama dimanfaatkan masyarakat selain sumberdaya perikanannya, air danau yang tidak pernah mengering di manfaatkan jadi sumber air bersih oleh PDAM Tirta Agung.

“Sejauh ini Danau Teloko sangat bermanfaat untuk masyarakat. Potensi ini akan kita kembangkan lagi agar menjadi potensi wisata baru di Kecamatan Kota Kayuagung” Ungkap Dedy.

Potensi danau teloko ini menurut Dedy bisa beriringan dengan pengembangan wisata air Sungai Komering.

“Kedepan kita bisa jual paket wisata desa misalnya adventure ke danau teloko dari kawasan kota lama Sungai Komering. Tentu itu akan mengundang daya tarik wisata serta melibatkan banyak sektor juga agar menggugah masyarakat mencintai Sungai Komering dan danau teloko itu sendiri” Pungkas Camat penuh inovasi ini.

Potensi ekonomi itu, menurut Dedy akan di kelola oleh desa melalui BUMDES sehingga bisa menjadi pendapatan desa.

“Kita dorong desa mampu menggali potensi yang mereka miliki untuk kesejahteraan masyarakatnya” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten OKI, H. Amirudin, S. Sos mengatakan Danau Teloko sebelumnya sudah masuk dalam Rencana Strategis Pengembangan Pariwisata Kabupaten OKI tahun 2013 dan telah ditetapkan sebagai salah satu destinasi wisata di Kabupaten OKI namun pengelolaannya belum maksimal.

“Ke depan kita buatkan DED untuk pengembangan wisata danau teloko ini agar menjadi destinasi wisata baru dengan konsep desa wisata. Apa lagi posisinya mudah dijangkau. Dalam jangka pendek kita serahkan ke desa agar menjadi sumber pendapatan bagi dan dikelola BUMDES setempat” Ungkap Amir.

Related Posts

POTENSI WISATA DANAU TELOKO KAYUAGUNG
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.

1 komentar:

Tulis komentar
avatar
Anonim
8 Februari 2017 pukul 14.11 Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.