Senin, 20 Juni 2011

SEJARAH KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR

Era penjajahan Belanda wilayah Ogan Komering Ilir termasuk ke dalam wilayah keresidenan Sumatera Selatan dan termasuk dalam Sub Keresidenan (Afdeeling) Palembang dan Tanah Datar dengan ibukota Palembang. Afdeeling ini di bagi dalam beberapa onder afdeeling, dan wilayah kabupaten Ogan Komering Ilir meliputi onder afdeeling Komering Ilir dan onder afdeeling Ogan Ilir. Di era kemerdekaan wilayah Kabupaten Ogan Komering Ilir  termasuk dalam keresidenan Palembang meliputi 26 marga. Kemudian di era ORBA wilayah Kabupaten OKI menjadi bagian dari Propinsi Sumatera Selatan. Setelah adanya pembubaran marga, wilayah kabupaten OKI  dibagi menjadi 12 Kecamatan defenitif dan 6 kecamatan perwakilan.
 Sebelum tahun 2000 Kabupaten OKI memiliki 14 kecamatan defenitif dan 4 kecamatan perwakilan. Keempat kecamatan perwakilan tersebut adalah kecamatan Rantau Alai dengan kecamatan Induk Tanjung Raja, Kecamatan Jejawi dengan kecamatan Induk Sirah Pulau Padang, Kecamatan Pematang Panggang dengan kecamatan Induk Mesuji dan Kecamatan Cengal dengan Kecamatan Induk Tulung Selapan. Namun semenjak tahun 2001, empat kecamatan tersebut disahkan menjadi kecamatan definitive sehingga jumlah kecamatan  di Kabupaten OKI menjadi 18 kecamatan  yang meliputi 434 desa dan 13 kelurahan.
            Dalam perjalanannya, berdasarkan KEPRES Nomor 37 tahun 2003 tentang pembentukan Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur, Kabupaten Ogan KOmering Ilir dan Kabupaten Ogan Ilir di Propinsi Sumatera Selatan, Kabupaten OKI di mekarkan menjadi dua kabupaten yaitu Kabupaten Ogan Komering Ilir dan Kabupaten Ogan Ilir yang beribukota di Indralaya. Wilayah Kabupaten Ogan Ilir meliputi kecamatan Indralaya, Tanjung Raja, tanjung Batu, Muara Kuang, Rantau Alai dan kecamatan Pemulutan. Setelah pemekaran ini, wilayah Kabupaten OKI terdiri dari 12 kecamatan, yang meliputi 272 desa 11 kelurahan.
            Selanjutnya, berdasarkan Perda Nomor 5 Tahun 2005, wilayah Kabupaten OKI kembali dimekarkan sehingga terbentuk 6 kecamatan baru, yaitu Kecamatan Pangkalan Lampam, Mesuji Makmur, Mesuji Raya, Lempuing Jaya, Teluk Gelam dan Kecamatan Pedamaran Timur. Setelah pemekaran ini Kabupaten OKI secara administrative meliputi 18 Kecamatan, 11 kelurahan dan 290 desa.   


Profil Kabupaten Ogan Komering Ilir

Related Posts

SEJARAH KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.